sejarah desa limbasari

ASAL USUL DESA LIMBASARI
Konon pada zaman dahulu tumbuh banyak tubuhan klemba yamg manis di daerah daratan tinggi. Buah klemba ini memiliki rasa yang enak. Bahkan rasa manisnya ini tidak juga hilang meskipun orang-orang yang memakannya memakan makanan lain. Oleh karena itu daerah itu diberi nama Limbasari karena perpaduan antara tumbuhan klemba dan sarinya.
Menurut cerita di daerah itu tinggalsebuah keluarga petani yang sederhana. Mereka masih mempunyai darah keturunan keraton. Pasangan suami istri ini mempunyai seorang anak gadis dan seorang anak laki-laki angkat. Anak gadis bernama Sari ini elok rupanya, selain itu Sari juga ramah,baik hati, berbakti pada orang tua dan mudah bermasyarakat. Oleh karena itu banyak pemuda yang kagum padanya. Bahkan tidak hanya kagum, mereka datang jauh-jauh melamar Sari untuk mereka peristri. Mereka tidak mempersoalkan keluarga Sari yang terbilang miskin.
Kemuliaan dan kepribadian baik Sari lah yang membuat mereka seperti itu. Namun apa yang terjadi, sikap buruk lah yang ditunjukan saudara laki-laki Sari setiap kali pemuda yang berniat baik untuk melamarnya. Kemarahannya dipicu karena adiknya pun mencintai secara diam-diam. Dia tidak terima kalu Sari jatuhke tangan orang lain.
Seperti halnya ketika seorang pemuda tampan yang datang dari tempat yang jauh bersama keluarganya datang untuk melamar sari,di jalan menuju rumah Sarimereka di cegat oleh adik laki-laki sari dan akhirnya mereka pun takut datang ke rumah Saridan membatalkan acara lamarannya.
Bahkan ia melarang Sari menemui pemuda-pemuda yang ingin melamarnya. Sikap adiknya itu membuat Sari menjadi bingung. Setiap hari sikap itu berubah perhatian. Sari berubah menjadi bimbang dan penasaran.akhirnya setelah ia selidiki, Sari mengetahuibahwa adiknya mencintainya. Itu membuat Sari bimbang dan takut. Apalagi pada suatu hari ketika kedua orang tuanya tidak di rumah. Saudara laki-lakinyaberusaha mengutarakan isi hatinya yang selama ini ia pendam pada Sari. Seketika itu Sari gemetar dan pucat. Bukan karena ia merasakanhal yang sama, tapi karena Sari takut dengan ancaman adiknya yang mengatakan apa bila ia beranimenerima lamaransalah satu pemuda, maka ia akan membunuhnya. Sari hanya bisa menais dan pasrah karena memangdia tidak merasakanapapun pada adiknya selain sayang sebagai saudara. Suatu hari saat saudara laki-lakinya tengah pergi kelua rrumah, Sari memanggil kedua orang tuanyadan mencobamenceritakantentang semuanya tentang adik dan dirinya, tentang ancaman pembunuhan terhadapnya apabila menerima lamaranpemuda lain. Untuk itu Sari memintasuatu permohonan agar orang tuanyamenguburnya hidup-hidup. Ini dilakukan karena Sari tidak ingin menyakiti adiknya. Hati adik yang selama ini dia sayangi. Meskipun berat akhirnya kedua orang tuanya menyanggupi permintaan Sari itu. Setalah memahami penjelasan sari, sebelum dikubur dia membawa seutas benang sebagai tanda iamasih di dalam kubur. Jika benang itu masih bergerakitu berarti ia masih hidup. Dan begitu sebaliknya jika bnang itu tidak bergerak berarti ia sudah mati. Hal itu membuat orang tuanya Sari bertambah sedih.
Setelah berapa hari di rumah, saudara laki-laki Sari merasa ada keganjalan, karena sudah beberapa hari ia tidak melihat batang hidung Sari. Dia menjadi panik dan berpikiran bahwa Sari pergi meninggalkan rumah.rasa penasaran itu pun tidak dapat ia bendung lagi, ia akhirnya bertanya pada orang tua Sari. Awalnya mereka enngan menceritakan padanya, namun ia terus mendesak mereka terpaksa memberitahukan kejadiannya yang sebenarnya terjadi. Adik angkatnya hanya bisa merasa bersalah setelah nebgetahui itu semua. Konon ceritanya tempat pemakamannya masih terjaga dengan baik dan banyak gadis yang terlahir cantik sebagai bukti keturunan Raden Ayu Limbasari.








ASAL USUL DESA LIMBASARI

      
NAMA : HERNANDA ARI SUKMA
       KELAS : X F
       NO        : 14

TAHUN PELAJARAN
2014/2015
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment