TEKNIK DASRA BOLA VOLI
Teknik Dasar Bola Voli merupakan hal yang sangat penting dalam permainan bola voli. sebelum bermain, bagi pemula harus bisa menguasai Teknik Dasar Bola Voli terlebih dahulu agar tahu bermain bola voli dengan benar. berikut ini adalah  Teknik Dasar Bola Voli :
1. Teknis Servis
Image result for teknik dasar bola voli
  • teknik service bawah

  •  teknik service atas
 Servis Bola Voli adalah tindakan pertama kali untuk memulai sebuah permainan, dimana seorang pemain akan memukul bola ke arah lapangan lawan. Teknik servis perlu dikuasai untuk memastikan memperoleh point dalam keberhasilan servis yang dilakukan.
Teknis dasar service juga penting dipelajari dengan baik terlbih jika telah mengetahui pola permainan dan kekuatan lawan tentu akan lebih mudah. Bagaimana caranya agar bola masuk lapangan pihak lawan tanpa bisa dihadang atau ditanggulangi oleh lawan main. Teknis servis ada 2 yaitu bawah dan atas meliputi teknik floating overhand, round house, underhand, tenis serve, jumping dan lainlain : Lihat Teknik dasar servis bola voly yang benar
Beberapa teknik lain juga bisa dipelajari, namun dalam pelaksanaan saat pertandingan tetap harus melihat pola permainan lawan, artinya teknik akan selalu berubah sesuai permainan dan kemampuan lawan

2. Teknis Passing

http://teknikor.blogspot.com

Passing adalah sebuah teknik seorang pemain untuk mengoper bola terhadap teman seregunya agar bisa diterima dengan baik untuk selanjutnya melakukan serangan terhadap lawan main. Namun istilah serangan ini biasanya dengan smash, karena saat melakukan passing perlu adanya teknik kemahimahiran dalam memberikan bola agar mendapatkan umpan atau set-up untuk selanjutnya meyerang .

3. Teknis Spike

http://teknikor.blogspot.com

Teknik Spike merupakan suatu cara melakukan serangan dengan cara memukul bola dengan keras ke lapangan lawan dengan teknik-teknik tertentu agar tidak mudah di block pihak lawan. Smash bisa dilakukan dengan tujuan mematahkan serang dari lawan yang sudah memposisikan melakukan melakukan serangan balik.
Tenik dasar spike perlu juga dipelajari karena sangat penting dan termasuk teknik inti dalam memenangkan dalam sebuah perlombaan. Melakukan spike dengan pukulan keras bukan jaminan akan akan berjhasil membobol pertahanan lawan bahkan bukan tidak mungkin jika bola berhasil di tanggulangi akan menjadi senjata makan tuan. sebenarnya dalam permainan bola voli, smash bukan sebutan untuk teknik dasar bola voli yang benar yaitu spike. perbedaan antara smash dan spike adalah kalau smash itu menggunakan alat misalnya raket atau yang lainya dan spike itu tidak menggunakan alat tapi menggunakan tangan.
Oleh karena itu teknik yang benar melakukan spike cara yang harus dipelajari, misalnya mencari posisi yang tepat untuk menjatuhkan bola dilapangan pihak lawan dengan cara melihat pola permainan atau kelemahan lawan .
 

4. Teknis Block


http://teknikor.blogspot.com

Block merupakan teknik dasar penting berikutnya untuk memastikan serangan atau smash yang dilakukan lawan bisa dipatahkan dan dikendalikan dengan baik. Balock bisa berarti benteng untuk membendung bola. Hanya saja melakukan block yang baik sangat tergantung latihan dan kekompakan karena biasanya keberhasilan melakukan block bola dengan smash yang sangat keras prosentasenya kecil sekali berhasil. 


Semoga  Teknik Dasar Bola Voli dapat membantu anda dalam bermain bola voli dengan baik,terima kasih.....
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment